Minggu, 03 Januari 2021

Halo adik-adik… Salam Jumpa dengan RENA Dehonaian! Apa khabar adik-adik? Hebat….. Hebat….. Hebat…… Jumpa lagi dengan Br. Andreas Gatot SCJ dari Palembang.. Vivat Cor Jesu….. Per Cor Marie..

Halo Adik-adik yang terkasih. Wah nampaknya adik-adik masih Nampak bersemangat dan bersuka cita ya, karena semangat natal masih beserta kita.. horeeee.. Dan Bruder ucapkan selamat natal dan tahun baru untuk kalian.,. Sudah mengunjungi bayi Yesus belum di gua natal. Bagamana indah tidak gua natal di Gereja kalian. Atau ada yang buat gua natal di rumah… ada yang membuat.. wah ternyata ada ya… bagus-bagus…

Nah adik adik tahu tidak hari ini kita merayakan apa hayooo.. iya hari ini kita merayakan hari raya Penampakan Tuhan atau hari raya Epifani.. Yaitu Tuhan Yesus menampakan diri pertama kalinya kepada para bangsa yang diwakili tiga raja / sarjana dari Timur.

Namun sebelum bruder lanjutkan, bruder akan menyapa teman-teman dulu ya.. : Ada Mas Deo, dik Kristo, Kak Agnes, dik Keila, dik Kanaya,  ada si kembar Fael dan Biel, Kakak Joe, kak Vanya, dik Dea, Mbak Dina, Dik Ito, Marel, Micha, Alexy, bimo, Gerad, Clou, Gesti, abank Martin, Bintang, Chelsi, Rindu, mbak lintang.. dik Iya, cici, mas Rendra, mas Bisma, Luca, dik Michael dan dik Regina, Stefi, Astri, Damar, Yansen dan adik-adik BIA Santa Angela Banjar… 

Adik-adik…mari sebelum kita mendengarkan Injil yang akan bruder bacakan kita buat tanda salib dulu yuk……. Dalam nama Bapa.. dan Putera.. dan Roh Kudus.. Amin..

Kita dengarkan bacaan Injil ya….dari Injil karangan St. Matius  BAB 2 AYAT 1 sampai ayat 12.

Pada Zaman pemerintahan Raja Herodes, sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea ,  datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi  yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”  Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.  Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem d  di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:  Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.” Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.  Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia.”  Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.  Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.  Dan karena diperingatkan dalam mimpi,  supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.

Demikianlah Injil Tuhan. TerpujilahKristus

Nah adik-adik hari ini gereja merayakan hari Raya Epifani yati hari raya penampakan Tuhan. Nah hari ini Bayi Yesus menampakan diri kepada bangsa-bangsa yang diwakili oleh 3 raja dari Timur atau orang-orang majus.

Mareka datang dari negeri yang jauuuhhhhh sekali adik-adik. Meski jauhhhhh mereka mau datang untuk menyembah Tuhan yesus yang masih imut hehehe masih bayi mungil baru lahir.. Oeekkk oeekkk oekkkk..

Dan hebatnya mereka para raja dari Timur itu membawa 3 persembahan.. apa adik-adik persembahannya.. hayooo iyaaa.. mereka membawa Emas, kemenyan, dan Mur…

Untuk apa ya adik-adik… Yang pertama Emassss… hayoo adik adik yang cewek siapa yang pakai anting emas… ada nggaa… iya emas biasanya digunakan untuk perhiasan. Nah emas dipersembahkan kepada Yesus untuk melambangkan kedudukan Tuhan Yesus sebagai Raja… Raja bangsa Yahudi yang sebenarnya adalah Raja Alam semesta..raja kita semua… 

Yang kedua, Kemenyan.. nah adik-adik ada yang sudah jadi misdinar belum.. nah biasanya kalau imam mendupai altar ada butir-butir halus yang ditaburkan di arang lalu.. bullllll muncul asap dan baunya wangi.. nah itu kemenyan atau ratus.. harumnya kemenyan melambangkan Ke-Tuhanan Tuhan Yesus.. kemnyan yang dibakar sebaga wujud persembahan kepada Tuhan.. 

Yang Ketiga adalah Mur.. apa itu Mur, mur adalah minyak yang digunakan untuk obat-obatan tapi juga digunakan untuk membalsam orang mati.. hiiiii… kok aneh ya adik-adik Tuhan yesus diberi persembahan mur. Ya itu untuk melambangkan sengsara dan penderitaan Tuhan Yesus kelak.. Bahwa Tuha Yesus harus menderita sengsara dan wafat di salib dan dimakamkan. Tapi akan bangkit mulia menyelamtkan kita dengan menebus dosa-dosa kita.. 

Wah hebat ya adik-adik persembahan para majus atau 3 raja dari timur itu. Nahhhh sekarang pertanyaannya apa yang adk-adik persembahkan kepada kanak-kanak yesus… 

Hayooooo siapa yang bisa jawab.. Mari kita persembahkansegala yang baik untuk Tuhan Yesus, misalnya dengan rajin ke gereja, dengan nilai-nilai pelajaran kita yang baik karena belajar yang rajin, dengan kesehatan kita karena kita rajin merawat tubuh kita, dengan membantu orang yang membutuhkan bantuan karena Tuhan Yesus mencintaoi orang-orang yang menderita. Dengan berderma untuk gereja dan orang miskin, dengan berkurban untuk melayani Tuhan dengan menjadi putra-putri altar rajin sekilah minggu, dan lain-lain.. 

Tuhan Yesus menunggu hadiah dari kalian…

Adik-adik Mari Berdoa: Tuhan Yesus yang mungil hari ini 3 raja dari Timur mengunjungi-Mu. Dan mereka membawa oleh-oleh emas, kemnyan, dan mur. Kami anak-anakmu juga ingin mengunjungimu Tuhan, kami ingin membawa oleh-oleh juga bagiMu namun kami belum bisa memberikan oleh-oleh yang baik. Berkatilah kami ya Tuhan semoga kami bisa memberikan oleh-oleh yang menyenangkan HatiMu dengan segala perbuatan kami yang baik, doa-doa, kami, derma kami, dan pengurbanan kami bagi sesama.  amin

Dalam nama bapa dan Putra dan Roh kudus.. Amin. Sampai jumpa adik-adik Tuhan memberkati. Berkah Dalem..

Link Audio http://katolikindonesia.com/2021/01/03/minggu-03-januari-2021-20/

Sumber https://resi.dehonian.or.id/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.