Kamis Putih, 01 April 2021

Sabda Kehidupan
Kamis 01 April 2021
Kamis Putih: Mengenang Perjamuan Malam Terakhir
Yohanes 13:13-15
“Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.”

Sebagai Guru dan Tuhan, Yesus rela menjadi hamba, membasuh kaki murid-muridNya. Sebelumnya, dalam Perjamuan Malam terakhir, Yesus telah memberikan Tubuh dan DarahNya menjadi makanan dan minuman, bekal perjalanan dan jaminan hidup kekal bagi murid-muridNya. Dalam Tri Hari Suci ini, Kamis Perjamuan, Jumat Penyaliban dan Minggu Paskah, Yesus menyatakan cintaNya sampai pada kesudahanNya, sehabis-habisnya.
Apa balasan kita padaNya? Yesus meminta kita saling melayani satu sama lain, sebagaimana yang Ia teladankan. Jubah yang menjadi lambang status dan kedudukanNya, Ia tanggalkan. Seperti seorang hamba, Ia mengikat pinggangNya dan berlutut membasuh kaki murid-muridNya. Mari kita juga mengambil rupa seorang hamba, menanggalkan semua status dan gengsi, membuka hati dan memberi diri untuk menjadi pelayan. Kiranya sukacita ada di hati kita, saat bersuar lelah, berbagi waktu, berkorban diri, menolong sesama, membalas kasih Tuhan.

Selamat memasuki hari-hari suci dengan hati bersyukur🙏❤️😇
Ps Revi Tanod Pr

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.