Rabu, 20 Oktober 2021

Sabda Kehidupan
Rabu 20 Oktober 2021
Lukas 12:48b (Luk 12:39-48)
“Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

_Noblesse Oblige (dibaca: noblesy oblisy), ungkapan bahasa Perancis yang artinya “nama yang luhur mengandung tanggung jawab yang luhur pula”

Kata-kata penuh kebijkasanaan oleh Yesus ini sejalan dengan satu ungkapan dalam bahasa Perancis yang disebut “Noblesse Oblige” (baca: noblesy oblisy), yang artinya: keistimewaan menuntut tanggungjawab. Seorang yang punya lebih atau dipercayakan lebih, entah karena kedudukan sebagai pemimpin, atau sebagai seorang terpelajar oleh ilmu pengetahuan yang ia dapatkan, seorang yang berkecukupan hartanya, ataupun seorang yang mendapatkan status sosial yang tinggi misalnya sebagai pemuka masyarakat, pemuka agama bahkan pula sebagai orangtua, melekat pada mereka tanggungjawab lebih untuk membaktikan dirinya, berbagi, memberi, memajukan, serta peduli dengan orang lain yang tidak menerima sebanyak yang mereka terima. Melalui mereka Allah yang maha adil dan penuh kasih hadir, hidup dan berkarya. Betapa bahagianya kita dapat menjadi saluran berkat Tuhan. Pepatah mengatakan bahwa air akan tetap bersih bila ia terus mengalir. Mari terus menjadi aliran berkat Tuhan. Sikap acuh, hanya mengejar kepentingan diri, sama dengan menyalahgunakan kepercayaan yang Tuhan berikan, atau lari dari tanggungjawab. Tuhan telah memberi yang terbaik bagi kita, mari memberi yang terbaik bagi Tuhan.

Selamat menjadi berkat Tuhan, jangan lupa bahagia.🙏❤️😇
Ps Revi Tanod Pr

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.