Kamis, 05 September 2019

Sabda Kasih: TUHAN ADALAH SUMBER KEKUATAN!
Kamis, 5 September 2019
Lukas 5:1-11
Yesus lalu berkata kepada Simon, “Jangan takut. Mulai sekarang engkau akan menjala manusia.”

Tidak jarang, ketakutan tertentu menghantui kehidupan keluarga kita. Sebut saja, kita takut kalau anak-anak kita gagal dalam ujian sekolah. Kita takut kalau usaha bisnis kita berhadapan dengan krisis. Kita takut kalau orangtua tidak menyetujui keputusan kita. Kita juga takut untuk meminta sesuatu kepada salah satu anggota keluarga kita. Saya yakin banyak sebab dan alasan yang menjadikan kita takut dalam kehidupan keluarga kita. Lantas, apa kekuatan kita menghadapi ketakutan-ketakutan seperti itu?

Pada bacaan injil hari ini, kita merenungkan panggilan Petrus, Yakabus dan saudaranya, Yohanes. Mereka dipanggil sewaktu mereka sibuk dengan hidup harian mereka. Panggilan ini tidak terduga tetapi ini mengantarkan mereka menjadi pengikut Tuhan Yesus yang setia. Di awal panggilannya ini, Petrus berhadapan dengan ketakutannya. Dia takut karena merasa tidak pantas mengikuti Tuhan. Dia takut karena menyadari sisi kelemahan manusiawinya. Dia bisa jadi takut karena dia mempunyai kemampuan yang terbatas dalam rupa pendidikan dan status. Meski demikian, Tuhan Yesus tetap memilihnya. Kekuatan mengikuti Tuhan tidak terletak pada kemampuan manusiawi, tetapi itu bersumber pada Tuhan sendiri. Kekuatan Petrus dan kawan-kawannya (kita) melawan ketakutan mereka (kita) bersumber pada Tuhan.

Saudara/I, di saat kita takut sebagai pengikut Kristus, marilah kita datang dan berserah kepada Kristus sendiri. Marilah kita memohon kekuatan Tuhan dalam menghadapi ketakutan di dalam hidup kita. (* saotilayad)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.