Kamis, 12 September 2019

SABDA KASIH: Berbagilah kepada yang Membutuhkan!
Kamis, 12 September 2019
Lukas 6:27-38

“Tetapi kalian, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan berilah pinjaman tanpa mengharapkan balasan, maka ganjaranmu akan besar dan kalian akan menjadi anak Allah Yang Mahatinggi.”

Salah satu sebab ketimpangan sosial – kaya dan miskin – yang kita hadapi sekarang ini adalah orang yang berkelimpahan tidak mau berbagi kepada orang lain. Orang yang mempunyai lebih cenderung untuk menumpuk hartanya dan enggan untuk membagikannya kepada yang membutuhkan. Ada juga yang mau membagi tetapi dengan aneka persyaratan. Seperti misal, orang gampang memberikan pinjaman besar tetapi dengan menetapkan bunga yang besar pula.

Lewat bacaan injil hari ini, kita merenungkan tentang bagaimana kita berelasi dengan sesama kita. Dasar relasi kita dengan sesama adalah kasih. Kasih itu nampak salah satunya lewat semangat memberi dan berbagi. Tuhan menginginkan kita agar saat kita memberi dan berbagi, kita tidak menuntut balasan dari pemberian kita itu. Balasan yang kita terima sudah tertulis di hati Tuhan. Jadi, kalau kita berbuat baik, kita mesti mendasari perbuatan baik kita itu sebagai bentuk kasih kita kepada Tuhan. Kasih kita itu merupakan bahasa iman kita yang terdalam kepada Tuhan.

Saudara/I, marilah kita kita berbagi dan memberi dengan dasar kasih. Kita tidak menuntut balasan, tetapi kita hanya ingin menunjukkan iman kita kepada Tuhan. (*saotilayad)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.