Rabu, 09 Oktober 2019

SABDA KASIH: Kita Mengajar dengan Hidup Iman yang Nyata!
Rabu, 9 Oktober 2019
Lukas 11:1-4

Pada waktu itu Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya, “Tuhan, ajarilah kami berdoa sebagaimana Yohanes telah mengajar murid-muridnya.”

Kita biasanya ingin belajar sesuatu saat kita melihat dampak dari hal itu. Atau kita ingin belajar karena ada orang yang sudah mempraktikannya terlebih dahulu. Begitu juga hidup doa kita, seperti misal, di dalam keluarga. Anggota keluarga kita ingin belajar berdoa kalau mereka melihat dampak hidup doa itu bagi diri kita dan relasi kita dengan sesama. Tetapi kalau mereka melihat hal yang sebaliknya dari hidup doa dan kehidupan setiap hari, mereka mungkin tidak mau meminta kita untuk mengajarkan mereka. Karenanya, aksi kita sangat penting guna mengundang orang lain mencontohi hidup kita.

Dalam bacaan injil hari ini, para murid meminta Tuhan Yesus untuk mengajarkan mereka berdoa. Menariknya, permintaan itu terjadi setelah mereka melihat Tuhan Yesus berdoa. Mereka ingin diajarkan untuk berdoa karena mereka melihat Tuhan Yesus berdoa. Dengan kata lain, Tuhan Yesus mengajarkan para murid berdoa dengan perbuatan terlebih dahulu. Hal ini mengingatkan kita kalau perbuatan kita merupakan pelajaran yang paling ampuh bagi orang lain.

Saudara/I, marilah kita mengajarkan hidup iman kepada orang lain dengan perbuatan nyata kita setiap hari. (*saotilayad)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.