Senin, 28 Oktober 2019

Romo Budi Wihandono pr
Renungan Senin 28 Oktober 2019
P. St. Simon dan Yudas Tadeus
Sumpah Pemuda

Sumber : Lukas 6:12-19

Hari ini Gereja Katolik sedunia merayakan St. Simon dan Yudas Tadeus. Para rasul dipilih oleh Tuhan Yesus untuk melayani, menyembuhkan orang sakit dan mengusir roh2 jahat.

Hari ini bangsa Indonesia memperingati Sumpah Pemuda. Bukan secara kebetulan kalau tiga kali rapat Sumpah Pemuda itu, pada rapat yg pertama diadakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond(KJB). Suatu Mukjizat besar bahwa jauh sebelum Indonesia merdeka, para pemuda Indonesia sudah memiliki pikiran yg sangat maju, kesadaran besar untuk menanamkan rasa persatuan dengan bersumpah:

  1. Bertumpah darah satu, tanah air Indonesia
  2. Berbangsa satu, bangsa Indonesia
  3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Gereja Katolik sejak semula ikut dlm perjuangan bangsa Indonesia ini. Kita sebagai warga Gereja Katolik jangan menjadi penyakit atau roh jahat bagi bangsa kita. Kita warga Gereja Katolik harus menjadi penyembuh bagi penyakit2 bangsa kita dan juga berani melawan roh2 jahat yg akan merusak negeri itu. Ungkapan John F. Kennedy mengatakan:” jangan bertanya apa yg dapat diberikan negara ini kepadamu tapi katakan apa yg dpt kamu berikan untuk negara ini”.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.