Senin, 09 Desember 2019

Romo Budi Wihandono pr

Renungan Senin 9 Desember 2019
HR. St.Maria dikandung tanpa noda dosa

Sumber: Lukas 1:26-38

Perempuan diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kej 1:26-27) namun juga memiliki kekhasan untuk menjadi penolong yanng sepadan (Kej 2:18). Kehadiran perempuan dlm kisah penciptaan sungguh memberikan kegembiraan bagi Adam sehingga Adam seperti melonjak gembira menemui Hawa.
Tapi kejatuhan kisah Taman Eden menyebabkan mrk saling menyalahkan dan diusir dr Taman Eden.
Sabda Tuhan hari ini menceritakan Maria yg menerima kabar dari Malaikat Tuhan bahwa Ia akan mengandung dr Roh Kudus. Tentu klo memposisikan sbg Maria sangatlah tdk mudah krn:

  1. Ia sudah punya tunangan dan kini dikabari akan hamil. Bagaimana hrs menjelaskan pada orang2 sekitar?
  2. Siapa yg percaya bahkan ora tua Maria, akankah percaya bahwa Ia mengandung dari Roh Kudus?
  3. Bagaimana komentar orang2 bila Maria menjelaskan bahwa bayi dlm kandungan berasal dr Roh Kudus dan anak dlm kandungan itu Sang Jurusalamat? Pasti sulit percaya. Bisa jadi orang2 akan mengatakan Maria “sakit”?

Bagi Maria sungguh suatu yg berat tapi toh Maria ttp mengatakan sesungguhnya aku ini hamba Tuhan, terjadilah menurut perkataanMu itu. Meneladan Maria adalah meneladan hidup iman yg begitu berat tapi ttp percaya bahwa yg diberikan Tuhan dlm hidup ini merupakan jalan terbaik. Tugas kita dlm hidup sehari2 adalah menemukan yg terbaik dan mewujudkannya jd berkah kebaikan pula. RTCB.GMPD.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.