Minggu, 05 Januari 2020

Lentera Keluarga
Tahun A-2. Masa Natal
Minggu, 05 Januari 2020. Hari Raya Penampakan Tuhan
Guiding Star
Bacaan: Yes 60:1-6; Ef 3:2-3a.5-6; Mat 2:1-12.

Renungan:
Kehadiran Yesus bukan hanya untuk kepentingan orang Israel semata. Ia hadir dan memberikan tanda kehadiranNya kepada orang-orang yang bahkan tidak mengenal Allah, seperti orang majus, melalui tanda-tanda yang mereka kenal (Guiding Star). Kehadiran Yesus adalah berkat dan sukacita Allah bagi semua orang tanpa kecuali. Allah menyediakan bagi mereka guiding star untuk datang dan menyembah Kristus.
Di zaman sekarang, Allah tetap memberikan Guiding Star bagi semua orang untuk mengenal dan datang kepada Yesus. Guiding Star itu bisa berupa benda atau peristiwa yang “dialami di luar kewajaran”, bahkan kitapun sendiri bisa menjadi tanda tersebut. Sebagai tanda, kita harus tetap “bersinar” dan tidak boleh hilang dan tenggelam. Kehidupan iman dan perbuatan baik kita menjadi tanda yang menarik bagi orang untuk datang kepada Yesus. Apalagi ketika kita menjadi orang yang dapat mendampingi proses pengenalan iman saudara-saudara kita sampai mereka boleh menerima baptis dan mengamini Tuhan.
Kehidupan perkawinan kita juga dapat menjadi Guiding Star bagi para pasturi lain, ketika relasi kasih kita semakin akrab dan bertanggungjawab; ketika dalam situasi apapun, kehidupan perkawinan kita tetap kokoh dan tahan uji; ketika pengampunan itu kuat dan mengalahkan kelemahan dan dosa.
Kehidupan religius dan imamat kitapun dapat menjadi Guiding Star ketika kita menjalani cara hidup kita dengan tekun, melayani jemaat dengan hati dan kesungguhan; serta siap sedia memberikan waktu-tenaga-kemampuan untuk kebaikan jemaat.
Kita tidak mau menjadikan diri kita sebagai role model bagi orang lain, sekaan-akan kita mampu menjadi teladan; kita sebatas menjadi petunjuk bagi orang lain bagaimana kita berproses untuk mengenal dan dekat dengan Tuhan.

Kontemplasi:
Gambarkanlah bagaimana perjuangan orang-orang majus untuk mengikuti tanda yang diberikan Allah.

Refleksi:
Apa yang harus kulakukan supaya aku dapat menjadi tanda kehadiran Yesus yang kelihatan bagi banyak orang?

Doa:
Ya Bapa, semoga cara hidup iman dan hidup harianku, dapat menjadi tanda yang kelihatan bagi orang lain untuk mengenal dan menjumpai Yesus.

Perutusan:
Jadilah tanda kehadiran Yesus yang cemerlang.
https://www.youtube.com/watch?v=hlR_1gIGqAs
(Morist MSF)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.