Senin, 25 Mei 2020

Romo Budi Wihandono pr

Renungan Senin 25 Mei 2020
Novena Roh Kudus Hari ke-4
Mengalahkan dunia

Sumber : Yohanes 16:29-33

Apa artinya kalau Tuhan Yesus berbicara mengenai mengalahkan dunia dalam sabda-Nya hari ini? Hal itu berarti bahwa Tuhan Yesus telah mengalahkan hukum2 dunia. Hukum2 dunia adalah hukum2 yg menurut pemikiran nalar wajar kalau dilakukan misalnya:

  1. Kalau ada orang memperlakukan kita buruk, wajar kalau kita balas dendam. Dalam bahasa Kitab Suci, mata ganti mata, gigi ganti gigi.
  2. Kalau kita sudah banyak melayani ini dan itu, wajar kalau kita menuntut ini dan itu. Cerita Si Sulung dalam cerita Anak Hilang menggambarkan itu.
  3. Kalau ada kesempatan menikmati harta milik sendiri, ya nikmati sepuasnya. Cerita ttg oranf kaya dan Lazarus menggambarkan hal itu.

Tuhan Yesus menghendaki murid2Nya untuk melaksanakan hukum Ilahi, bukan hukum2 dunia. Hukum2 Ilahi itu sdh dicontohkan Tuhan Yesus dan sudah diajarkan-Nya , misalnya:

  1. Tuhan Yesus bukan mengutuk orang2 yg menyalibkan-Nya tapi mendoakan mereka.Dalam.peristiwa penyaliban jelas sekali.
  2. Tuhan Yesus melakukan apapun hanya untuk kemuliaan Bapa tanpa mencari kepentingan atau kenikmatan pribadi. Dalam peristiwa godaan Iblis jelas sekali.
  3. Tuhan Yesus dng kuasa-Nya punya peluang banyak untuk menumpuk harta kekayaan bagi diri sendiri , tapi Tuhan Yesus tdk melakukan itu. Semua kuasa mukzijat hanya untuk keselamatan sesama.

Kita hidup di bumi ini tapi tdk berakhir di sini. Semakin banyak orang melakukan hukum Ilahi, dunia ini semakin dipenuhi dng cinta kasih dan ketentraman. Sebaliknya, jika hukum2 duniawi semakin menguasainya, dunia ini semakin rusak dan menderita.RTCB.GMPD.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.