Selasa, 02 Juni 2020

Romo Budi Wihandono pr

Renungan Selasa 2 Juni 2020
Hari biasa Pekan biasa IX
Kewajiban
Sumber : Markus 12:13-17
—————————————————————————-Sabda Tuhan hari ini menceritakan Tuhan Yesus yg dicobai oleh orang Farisi dan orang Herodian. Orang Farisi dan orang Herodian ini mmg bermaksud menjerat Tuhan Yesus dng suatu pertanyaan mengenai boleh tdk membayar pajak pada Kaisar? Dengan bijaksana Tuhan Yesus menjawab :” Apa yg wajib kamu berikan pada Kaisar berikan pada Kaisar , yg wajib kamu berikan pada Allah berikan pada Allah”.

Tuhan Yesus tidak mau mengatakan bahwa kedudukan Kaisar sama dengan Allah, tetapi menunjuk mengenai kewajiban. Kewajiban terhadap Allah dan kewajiban terhadap apa yg di dunia ini. Kewajiban terhadap Allah adalah bentuk pertanggungjawaban hidup yg diberikan Allah pada kita. Kewajiban terhadap apa yg di dunia ini adalah bentuk pertanggungjawaban apa yg diserahkan Tuhan pada diri kita.

Sebagai manusia kita banyak kelemahan. Pengakuan akan banyaknya kelemahan memampukan diri kita untuk tetap memohon kepada Tuhan agar kita dpt hidup memenuhi kewajiban-kewajiban kita baik kepada Allah maupun pada sesama. RTCB.GMPD.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.