Rabu, 15 Juli 2020

Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Rabu, 15 Juli 2020

Yes 10:5-7,13-16
Mzm 94:5-10,14-15
Mat 11:25-27

Kepintaran VS Anugerah

Tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.  –  Mat 11:27

 
Seseorang pernah bercerita bahwa ada seorang yang beragama lain mempelajari agama Kristiani dan Kitab Sucinya.  Bisa dikatakan ia sangat pintar dan dapat menyelami ajaran agama Kristiani secara baik. Banyak pertanyaan terkait agama Kristiani yang mungkin sulit dijawab oleh orang Kristen sendiri, namun ia dapat menjawabnya dengan tepat.  

Dengan pengetahuannya yang begitu baik mengenai agama Kristiani, mungkin banyak yang berpikir mestinya ia sudah pindah keyakinan dan memeluk agama Kristiani.  Namun kenyataannya, sampai sekarang ia tetap memeluk agamanya sendiri.  Mengapa? Kekristenan bukan tentang pengetahuan, tetapi panggilan. Sesuai dengan firman-Nya, “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu” (Yohanes 15:16).  Sepintar apapun seseorang dalam mempelajari kekristenan, namun bila bukan Yesus yang memilihnya, ia tidak akan mengenal Yesus dan menjadi murid-Nya.

Yang Yesus maksud orang bijak dan pandai dalam Matius 11:25 adalah mereka yang mengandalkan pikiran dan pengetahuan mereka semata dalam mencari Tuhan. Berbeda dengan orang-orang yang terbuka, mengakui akan kelemahan dan ketidaksempurnaan mereka, serta sungguh-sungguh mencari Tuhan.  Bagi mereka, inilah Tuhan yang menyatakan diri-Nya untuk dikenal.

Sekali lagi, pengenalan akan Tuhan adalah semata-mata pemberian kepada siapa Ia berkenan untuk menyatakannya, dan bukan karena kemauan maupun usaha sendiri. Dengan demikian, bagi siapa yang dapat mengenal-Nya, patutlah berbahagia dan bersyukur karena ia adalah orang pilihan dan Tuhan berkenan kepadanya.  (Al)

 
Berdoalah dan mintalah rahmat agar Tuhan berkenan menyatakan diri-Nya untuk dikenal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.