Jumat, 09 April 2021

[04:45, 4/9/2021] Indri KK: YESUS SELALU BESRTA KITA DAN SELALU MEMBERI KITA “SARAPAN”
(RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)

Jumat, 9 April 2021
HARI JUMAT DALAM OKTAF PASKAH

Yoh. 21:1-14: Yesus menampakkan diri kepada murid-muridNya di patai danau Tiberias.

Yesus selalu hadir dan menampakkan diriNya kp kita kapan dan di mana saja; dalam seluruh peristiwa hidup kita; di tempat kesibukan harian kita, baik dalam “suka” maupun dan terutama dalam “duka” hidup ini, seperti juga yang dialami saat ini di sini pada covid 19, ancaman terorisme dan hujan, angin, banjir bandang.

Tuhan Yesus yg telah bangkit tidak akan pernah meninggalkan kita seperti yatim piatu. “Aku tidak akan meninggalkan kamu sbg yatim piatu. Aq datang kembali kepadamu. ” (Yoh. 14:18). “Sesudah bangkit dari antara orang mati, Yesus menampakkan diri kp murid2Nya di “pantai danau Tiberias (di tempat kerja harian para muridNya, di “kantor” kerja harian mrk seblum Yesus wafat) …” (Yoh. 21:1). Juga sampai detik ini Ia hadir dan bekerja dan turut campur tangan di “pantai Tiberias kita masing2, di “tempat kerja” harian kita masing2, di “kantor” kerja harian kita masing2, kerja apa saja!!
Di sana Yesus ADA, HADIR dan MENYURUH/MEMERINTAH para muridNya, saya, anda ubtuk BEKERJA SEPERTI BIASA. Bukan tinggal kosong. “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh (ikan). Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.” (Yoh. 21:6).

Mukjizat “penangkapan ikan” dalam jumlah yg besar di “tmpt kerja/kantor” rasul2 (kala itu), saya, anda (saat ini dan di sini) menggambarkan PENYERTAAN, KEHADIRAN DAN CAMPUR TANGAN TUHAN. Tuhan Yesus turut bekerja bahkan suruh bekerja di tempat aktivitas saya, anda setiap hari. Tuhan Yesus hadir di sana. Bahkan dia menyuruh bawa kepadaNya hasil karya mereka untuk DIBERKATI. Dan MEREKA DIAJAK UNTUK MAKAN, SARAPAN dari hasil kerjanya yg sudah diberkati oleh Yesus. Dan itulah persembahan kita yang diwujudnyatakan dalam kolekte yang diberkati dan diubah menjadi Tubuh dan DarahNya dalam Ekaristi pada hari Minggu dan Hari Raya dan Yesus mengajak kita: “Marilah dan sarapanlah! ” (Yoh. 21:12). Penting di sini, kita sendiri membawa persembahan (dlm wujud kolekte) sehingga ada bahan (ikan) utk diberkati dan ada bahan untuk dimakan. Klo tdk ada bahan, mau sarapan apa psda saat komuni???

Selamat merasakan dan menikmati kehadiran dan campur tangan Tuhan Yesus dalam “kantor hidup dan karya kita” saat ini – di sini. Selamat menikmati “sarapan” hasil karya kita sendiri (persembahan roti dan anggur dan kolekte kita, waktu misa Harian atau Misa hari Minggu/hari Raya) yang sudah diberkati oleh Tuhan Yesus sendiri.

Semoga Allah Tritunggal Mahakydus: Bapa dan Putera dan Roh Kudus (+) memberkati kita sekalian. Amin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.